Settling Pond CLM Baik-baik Saja, Kolam Endapan Bekerja Maksimal


Kondisi Settling Pond PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) hingga kini masih dalam kondisi baik.


Hal itu terlihat saat sejumlah awak media bersama beberapa manajemen PT.CLM, Rabu (18/05/2022) mengunjungi lokasi Settling Pond PT. CLM.


Ada dua lokasi Settling Pond yang dikunjungi yakni Pond A di blok Landau dan Pon B yang berada di Blok Kandeapi.


Pertama rombongan yang mengendarai dua unit LV (Light Vehicle – Istilah kendaraan operasional tambang) menuju Pond B.


Dilokasi ini, wartawan melihat langsung Setlind Pond bekerja cukup baik. Air diolah dari kolam endapan yang satu ke kolam endapan lainnya, hingga air lepasan terlihat cukup jernih.


” Teman-teman bisa lihat sendiri Setlind Pond kami. Informasi yang nyebar katanya ada yang jebol dan sebagainya. Nah, sekarang kita lihat itu tidak ada. Kondisinya masih sangat baik,” terang Manager Eksternal Relation PT.CLM, Idul Adha.


Dia menjelaskan, di Pond B sendiri, pihaknya telah membangun beberapa kolam endapan. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa limbah cair yang keluar ke badan air akibat dari proses penambangan akan memenuhi baku mutu yang disyaratkan oleh pemerintah.


” Tentu kita mengharapkan air yang keluar dari proses penambangan sudah bersih dari partikel padatan sehingga tidak menimbulkan kekeruhan pada sungai sebagai tempat pembuangan akhir,” terangnya.


Setelah itu, rombongan menuju Pond A. Di lokasi ini juga tak beda dari Pond B dimana Settling Pond tetap berfungsi dengan baik.


” Nah, di tempat inilah, mantan Ketua DPRD Luwu Timur pernah datang dan melakukan peninjauan. Bahkan beliau sempat mencuci mukanya disini. Artinya, air lepasan menuju sungai itu memang bersih,” katanya lagi


Dia menuturkan, di Pond A ini pihaknya juga terus melakukan pembenahan. Bahkan hingga menambah jumlah kolam endapan.


” Di kolam endapan ini kita terus melakukan treatment sehingga lagi-lagi air lepasan menuju sungai itu tak keruh,” pungkasnya.


Pada kunjungan tersebut, Selain Idul Adha, hadir pula Andi Doddy Manggabarani selaku Supervisor Eksternal serta Fauzi Lukman dan Andi Haerul juga dari eksternal Relation. (*)


Sumber: timur-online.com

33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua